Jumat, 31 Mei 2013

Assad: Persenjataan Rusia Sudah Kami Terima

Inilah profil kendaraan peluncur dan rudal S-300 Rusia yang rencananya akan dikirim ke Suriah.

Pemerintah Suriah telah menerima kiriman pertama sistem pertahanan udara Rusia dan dalam waktu dekat akan memperoleh semua roket S-300 yang dibeli dari Rusia. Demikian ungkap Presiden Bashar al-Assad, Kamis (30/5/2013).

"Suriah sudah menerima pengiriman pertama roket anti-pesawat terbang S-300 buatan Rusia. Sisanya akan tiba dalam waktu dekat," kata Assad seperti dikutip harian Al-Akhbar terbitan Lebanon.

Sebelumnya, Rusia mengatakan tetap akan mengirimkan sistem persenjataan anti-pesawat terbang yang dipesan Pemerintah Suriah meski negara-negara Barat mengecam keputusan itu.

Amerika Serikat, Perancis, dan Israel, semuanya mendesak Rusia membatalkan pengiriman. Namun, Rusia justru mengatakan pengiriman senjata ke Suriah itu justru akan membantu menciptakan stabilitas dan keseimbangan kawasan.

Sejumlah petinggi Israel mengatakan, roket S-300 yang kini menjadi milik Suriah itu mampu mencapai wilayah Israel dan mengancam lalu lintas penerbangan di dekat bandara internasional Tel Aviv.

Selain soal persenjataan, Al-Akhbar juga melaporkan Assad menegaskan persekutuan antara pasukan Suriah dan pejuang Hezbollah, yang kini bertempur bersama di kawasan dekat perbatasan Lebanon dan Suriah.

"Suriah dan Hezbollah adalah bagian dari poros yang sama. Pasukan Suriah yang memimpin pertempuran melawan kelompok bersenjata. Pertempuran ini akan terus berlanjut hingga semua yang disebut teroris musnah," Assad menegaskan.


Moskwa, yang selama ini menjadi sekutu Suriah, nampaknya memilih bersikap menentang setelah Uni Eropa mencabut embargo senjata untuk Suriah awal pekan ini.

Pencabutan embargo persenjataan ini memungkinkan Barat mempersenjatai kelompok pemberontak yang berupaya menjungkalkan Assad dari tampuk kepemimpinan di Suriah.
 
Sumber :
http://internasional.kompas.com/read/2013/05/30/15321373/Assad.Persenjataan.Rusia.Sudah.Kami.Terima

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.