Selasa, 02 Juli 2013

Lima benda tertua pernah ditemukan

Permen Karet Tertua
Perkembangan peradaban manusia selalu menarik diketahui, termasuk untuk hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana atau seperti apa kehidupan sehari-hari manusia purbakala.

Para arkeolog dari berbagai belahan dunia selalu tertarik meneliti benda-benda purbakala ciptaan manusia yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya peralatan rumah tangga seperti kasur, sepatu, bahkan makanan kudapan.

Seperti apa peralatan rumah tangga atau benda-benda yang kerap digunakan manusia zaman dulu itu? Simak ulasan benda-benda tertua pernah ditemukan para arkeolog berikut ini seperti dilansir dari odee.com.

1. Permen karet berusia 5.000 tahun

Permen Karet Tertua
Pada 2007 seorang arkeolog asal Inggris menemukan sebuah permen karet berusia lima ribu tahun di Finlandia. Pada permen karet terbuat dari getah kulit pohon itu masih terdapat bekas gigitan.

Trevor Brown, peneliti dari Universitas Derby, Inggris, mengatakan permen karet dari getah kulit pohon itu mengandung zat antiseptik fenol. Diyakini orang Neolitik mengunyah permen ini untuk mengobati infeksi gusi.

2. Sepatu Kulit berusia 5.500 tahun


Sebuah penggalian di dalam gua Armenia pada 2010 menemukan sepatu kulit berusia 5.500 tahun. Benda itu tampak dijahit untuk ukuran sepatu orang dewasa. Sepatu purba itu tampaknya merupakan sepatu kaki sebelah kanan.

Sepatu yang kelihatan agak aus di bagian depan dan belakang itu tampaknya sudah digunakan berjalan rausan kilometer. Tapi sepatu itu ternyata masih tampak kuat.

3. Popcorn berumur 6.700 tahun

Pada 2012 para peneliti sal Amerika Serikat dan Peru berhasil menemukan bukti adanya peradaban masyarakat di pesisir Peru yang menyukai makanan kudapan. Bukti itu ternyata lebih tua seribu tahun ketimbang diperkirakan sebelumnya. Bahkan temuan itu lebih tua dari umur benda keramik tanah liat yang pernah ditemukan di sana.

Kudapan yang ditemukan itu adalah semacam popcorn, jagung sekam, yang berusia 6700 tahun. Benda itu ditemukan saat penggalian di Paraones dan Huaca Prieta, dua tempat purbakala di sebelah utara pesisir Peru.

4. Kasur berusia 77.000 tahun


Sejumlah arkeolog menemukan apa yang mereka sebut kasur tertua sejagat pada 2011 lalu di Afrika Selatan. Kasur terbuat dari beberapa lapis alang-alang dan gelagah itu memiliki usia sekitar 77 ribu tahun.

Kasur itu ditemukan berada di bawah tempat tidur terbuat dari kumpulan rumput dan daun-daunan yang telah disusun. Benda itu ditemukan di Gua Sibudu di Kwazulu-Natal.

5. Rok berumur 5.900 tahun

Di tempat sepatu kulit tertua ditemukan di Armenia ternyata ditemukan juga rok terbuat dari alang-alang berumur 5.900 tahun. Benda itu tampaknya menjadi pakaian rok tertua sejagat pernah ditemukan hingga saat ini.

Gua tempat ditemukannya rok itu telah diselidiki tim dari Irlandia, Amerika Serikat, dan Armenia sejak 2007.

Semenjak itu sudah banyak benda-benda tua ditemukan setiap tahun, termasuk mumi kambing yang berusia 5.900 tahun. Lebih tua seribu tahun dari sejumlah hewan yang pernah ditemukan di Mesir.
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

1. Silahkan masukkan komentar
2. Berkomentar dengan kata-kata yang santun
3. Jangan menggunakan kata-kata kotor
4. Jika anda tidak suka dengan yang kami sajikan, lebih baik jangan di baca
5. Tinggalkan link web/blog anda agar admin bisa visit back
6. Jadilah pengunjung yang baik
7. Kami hanya memberikan informasi dari sumber-sumber yang bisa admin percaya.
8. Maaf jika ada salah satu artikel tidak ada sumbernya.