Laporan Stmik Akakom, Praktik Jaringan Komputer, Praktik Sistem Operasi, Praktik Algoritma & Pemrograman 1, Praktik Algoritma & Pemrograman 2, Praktik , laporan listing

Pengertian Virus Komputer dan Jenisnya (Part2)

Melanjutkan artikel tentang pengertian virus komputer dan jenisnya Bagian 1, sekedar trick kali ini kita melanjutkan tentang jenis jenis virus komputer :
malware komputer

Keylogger

Hati hati jika anda sering berinternet di warnet, yang bisa jadi komputer yang ada di warnet sudah ada program yang mampu mencatat semua tekanan tombol keyboard yang disebut keylogger.  Hasil catatan dari keylogger tersebut disimpan dalam suatu file yang bisa dilihat dikemudian waktu atau hari, yang sangat lengkap.  di dalam file tersebut bisa terdapat informasi seperti aplikasi tempat penekanan tombol dilakukan dan waktu penekanannya.  Dengan menggunakan keylogger ini orang dapat mencuri dan mngetahui username dan password dan berbagai informasi yang lain yang dimasukan dengan cara mengetik.

Browser Hijacker

Browser Hijacker adalah suatu cara dimana browser akan dimasuki link tertentu, artinya browser sudah dibajak dan diarahkan ke situs tertentu.  Browser Hijacker masuk kategori virus, karena sifatnya yang merusak dan memberatkan system komputer kita.  Contoh kejadian yang diakibatkan oleh browser hijacker adalah Peristiwa runtuhnya gedung kembar WTC (World Trade Center) tanggal 9 Septemper 2001. Contoh Onewebsearch, Conduit Search, CoolWebSearch 

Backdoor

Menurut situs ensiklopedia terbesar Wikipedia,  Backddor atau "Pintu belakang" dalam sistem keamanan komputer adalah merujuk kepada mekanisme yang dapat digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan selain mekanisme yang umum digunakan.  Backdoor kalau kita ibaratksn seperti orang mencari Surat Izin Mengemudi (SIM), daripada ribet lewat prosedur standar yang harus dilalui, mending siapkan duit untuk petugas, SIM langsung jadi. Berdasarkan cara kerjanya backdoor dapat dibagi menjadi 2 grup : 
  • Pertama adalah menyerupai atau mirip cara kerja troya, mereka secara manual dimasukan ke dalam suatu file program pada perangkat lunak, kemudian ketika perangkat lunak tersebut diinstall maka mereka akan menyebar dan bertumbuh kembang.
  • Kedua adalah Mirip dengan cara kerja worm, yakni dijalankan sebagai bagian dari proses boot. Rateware adalah sebutan untuk backdoor yang mengubah komputer menjadi zombi dan mengirim spam.  selain itu backddoor juga bisa mengacaukan lalu lintas jaringan, melakukan brute force untuk melakukan crack password dan enkripsi, serta melakukan distributed denial of service (DDoS)

Dialer

Dialer adalah program yang mempunyai kemampuan untuk mengoneksikan komputer secara langsung ke internet tanpa konfirmasi pihak pengguna komputer.  yang lebih parah lagi akibat dari dialer ini adalah dialer mampu mengganti nomor penyedia layanan internet yang biasa dihubungi dengan nomor penyedia layanan internet lain.

Exploit dan Rootkit

Exploit adalah perangkat lunak yang menyerang kerapuhan keamanan (security vulnerability) yang spesifik namun tidak selalu bertujuan untuk melancarkan aksi yang tidak diinginkan.  Hal tersebut karena banyak sekali peneliti keamanan komputer yang menggunakan exploit ini.  Berbeda dengan exploit, Rootkit adalah perangkat lunak yang berguna untuk menghapus jejak penyerangan, sperti menghapus log dan menyembunyikan proses dari malware itu sendiri, rootkit juga bisa mengandung backdoor agar suatu saat si penyerang bisa kembali mengambil alih sistem.  Rootkit sangat sulit dikenali karena ditanam dan bersembunyi pada kernel sistem operasi.

Sehebat apapun perkembangan software antivirus komputer anda, sekedar trick memberi saran jangan 100% percaya pada antivirus anda, karena pemahaman user atau pengguna dalam mengenali virus itu merupakan antivirus dan obat mujarab untuk komputer anda.





0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Pengertian Virus Komputer dan Jenisnya (Part2)