Laporan Stmik Akakom, Praktik Jaringan Komputer, Praktik Sistem Operasi, Praktik Algoritma & Pemrograman 1, Praktik Algoritma & Pemrograman 2, Praktik , laporan listing

Pengertian Virus Komputer dan Jenisnya (Part1)

Sekedar-trick pagi ini akan berbagi pengetahuan tentang Pengertian Virus Komputer dan Jenisnya. Membicarakan virus memang tiada habisnya, dengan semakin berkembangnya teknologi juga diikuti pula oleh aplikasi-aplikasi parasit yang bersarang pada komputer kita.  Dengan jargon-jargon pengembang software tentang peningkata keamanan (security trust) untuk program komputer, dan saling klaim bahwa produk mereka yang paling aman nyatanya tetap saja parasit yang satu ini tetap mampu numpang, bersembunyi dan mendompleng tempat dibalik reruntuhan dokumen atau file di dalam komputer kita.  Pengguna komputer awam menganggap bahwa parasit yang mengganggu dalam komputer disebut virus, memang tidak salah sih cuman kurang tepat, banyak jenis parasit yang mengganggu kinerja system komputer kita.  Kalau saya lebih memilih istilah yang tepat untuk parasit yang mengganggu komputer kita adalah "Malware".
Virus Komputer


Jenis-jenis Malware atau Virus


  • Virus

Virus adalah sebuah program komputer yang mampu menggandakana dirinya sendiri dan menular dengan cara numpang atau bersembunyi didalam file komputer atau dokumen komputer.  Virus bisa bersarang di banyak tipe file, akan tetapi target utama dari virus adalah file dengan extension EXE, COM, VBS, bahkan ada juga yang bersarang pada folder komputer dan file dokumen.  Penyebaran virus ke komputer lain sebenarnya dilakukan dengan bantuan pengguna komputer itu sendiri, yang sering menjadi media adalah sharing (copy paste) file melalui media flashdisk.

  • Worm

Worm atau cacing kalau diartikan secara mentah adalah sebuah program yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan sarang untuk menyebarkan diri, hebatnya lagi Worm bisa saja tidak memerlukan bantuan orang lain untuk menularkannya yakni melalui jaringan komputer, Worm mampu meninggalkan benih di komputer yang terhubung pada jaringan.

  • Wabbit

Istilah Wabbit ini cukup asing di telinga kita, akan tetapi memang ada malware jenis ini.  Seperti halnya worm, wabbit  tidak membutuhkan program da dokumen untuk bersarang, Wabbit menggandakan dirinya sendiri secara terus menerus dalam satu komputer lokal, serta hasil penggandaan tersebut akan menggerogoti sistem komputer, yang mengakibatkan kinerja komputer akan melambat.  Wabbit secara cerdas akan meningkatkan penggunaan sumberdaya komputer yang membuat system komputer bekerja extra keras, sibuk dan lambat.

  • Spyware

Spyware adalah Sebuah program komputer yang mengumpulkan dan mengirim informasi tentang pengguna komputer tanpa diketahui oleh penggunannya.  Informasi yang diambil sangat kompleks dan bermacam mulai hal yang terkecil sampai dengan yang berbahaya seperti PIN untuk elektroknik perbankan (e-banking) dan pasword account.  Spyware akan mencuri Informasi tentang pola berinternet pengguna, tentang situs yang dikunjungi, obralan chat juga akan dimata-matai, selanjutnay informasi tersebut akan digunakan untuk menampilkan iklat berupa pop-up iklan, iklan tentang kebiasaan orang tersbut berinternet.

  • Troya (Trojan Horse)

Troya adalah sebuah program komputer yang mencurigakan (malicious software) yang dapat merusak system komputer atau jaringa.  Troya seolah-olah merupakan software biasa yang bermanfaat, yang menghibur dan menyelamatkan, padahal dibalik itu ia merusak.

Masih banyak jenis-jenis virus, yang akan kita bahas pada postingan mendatang.... check it out.





0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Pengertian Virus Komputer dan Jenisnya (Part1)